Bitung Dimeriahkan Adat Sangihe

http://www.fokusmanado.com/search/label/Bitung
FOKUSMANADO.COM – Ilusttrasi Acara Tulude 

BITUNG, FOKUSMANADO.COM – Kegiatan pagelaran adat tulude atau acara tolak tahun sebagai ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan yang maha kuasa yang telah melindungi dan memberkati perjalanan kehidupan di tahun 2012, diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat kota Bitung melalui ikatan kekeluargaan sangihe, Sitaro danTalaud kota Bitung yang dilaksanakan di lapangan upacara kantor Wali Kota Bitung, Sabtu (02/02/13) lalu.

Acara diawali dengan arak – arakan kue tamo mengelilingi kota Bitung, kemudian Tembonangu wanua Wali Kota Bitung Hanny Sondakh bersama Ny. Josephien Sondakh Taroreh dan wakil wali kota Bitung M.J.lomban.SE.MSi dan Ny. Khouni Lomban Rawung disambut dengan tarian tagonggong memasuki bangsal Tulude, dijemput oleh ketua Ikksat Bitung Edison Humiang yang juga sekretaris daerah kota.

Acara yang dihadiri ribuan masyarakat datang dari delapan kecamatan ini, memberikan penghargaan gelar adat Bataha Dara Minsa atau raja pembawa kedamaian kepada wakil Wali Kota Bitung M.J.Lomban.

Menurut ketua Ikksat Edison Humiang, pemberian penghargaan ini karena di nilai Lomban mampu menciptakan kedamaian diantara masyarakat kota Bitung, memiliki kemampuan di bidang pemerintahan dan kemasyarakatan.

“Lomban juga merupakan bagian dari masyarajkat nusa utara karena memiliki hubungan garis keturunan raja Posumah,”ujar Humiang.

Sementara itu, Wali Kota Bitung dalam sambutan menyampaikan, apresiasi dan bangga kepada segenap masyarakat nusa utara kota Bitung teruatama ikatan kekeluargaan Sangihe, Sitaro dan Talaud yang mampu menyelenggarakan hajatan ini, semoga melalui hajatan ini kebersamaan akan terus terjalin dan kita tingkatkan karena persatuan dan kesatuan sangat bernilai dalam sebuah kehidupan.

“Kami berharap kegiatan seperti ini semakin di giatkan selain untuk pesta adat semata melainkan akan memberikan dampak kebersamaan dalam membangun Bitung yang tercinta,”tandas Sondakh.

Tampil sebagai pemotong tamo Amos Gama Kakomba, pengarah Max Galatang dan Mayore labo Jakonia Nanangkong.(ndo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s