Dialog Antar Agama Indonesia-Jerman di Sulut

http://www.fokusmanado.com/search/label/Pemprov
FOKUSMANADO.COM / Saat Rapat 

PEMPROV, FOKUSMANADO.COM – Kembali Provinsi Sulut dipercayakan menjadi tuan rumah iven internasional, kali ini adalah dialog antar Agama Indonesia-Jerman. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Kemlu RI, Kemenag RI dengan Pemprov Sulut yang dipimpin Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil MPd di ruang rapat Wagub, Rabu (06/02/13) lalu.

Pelaksanaan hajatan religius yang bernuansa pendidikan itu direncanakan akan berlagsung dari 7 s/d 13 April 2013 mendatang. Menurut Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI Diah Rubianto kegiatan itu merupakan kerjasama pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman,  yang sudah berlangsung dari Tahun 2010 lalu dimana Jogyakarta menjadi tuan rumah. Selanjutnya tahun 2011 berlangsung di Berlin dan Sulut sebenarnya sudah sejak tahun 2012 lalu, dipercayakan menjadi tuan rumah, namun karena sesuatu dan lain hal pelaksanaan dialog antar agama ini baru dilaksanakan  tahun 2013 ini, ujar mantan diplomat yang pernah bertugas di berlin.

Diah menambahkan, pelaksanaan dialog antar agama di Jogyakarta bermitra dengan Perguruan Tinggi UIN Sunan Kalijaga, sedangkan di Sulut selain bermitra dengan Unsrat juga dengan Perguruan Tinggi lainnya di Manado. Sedangkan pesertanya akan melibatkan seluruh komponen agama-agama di Sulut.  Nantinya dalam pelaksanaan acara dialog antar agama di Manado akan dihadiri Wakil Menteri Kebudayaan Jerman.

Wagub Djouhari Kansil, sangat mendukung hajatan ini berlangsung di Sulut, Dengan demikian para tokoh agama, tokoh pendidikan  dan kaum cendekiawan jerman bisa melihat langsung kerukunan antar Umat beragama di Sulut. Sembari mengatakan, bahwa kerukunan antar umat bergama di Sulut telah menjadi ikon bagi kerukunan beragama di tanah Air”, ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kansil telah mengusulkan, untuk suksesnya acara tersebut kiranya dapat dibentuk panitia lokal (Panlok) untuk menangani kedatangan delegasi sekaligus mengatur pelaksanaan acara. Dan yang duduk nanti dalam Panlok tersebut para tokoh agama dari FKUB dan BKSAUA. usulan Wagub tersebut langsung disetujui Ibu Diah.

Sebelumnya rombongan dari Kemlu dan Kemenag RI telah diterima oleh Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang dikediaman Gubernur di Bumi Beringin Manado pada pagi harinya. Turut hadir Kasubid FKUB Kemenag RI Ferry Meldy, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mecky M Onibala, Asisten Aministrasi Umum Edwin Silangen,Karo Pmerintahan dan Humas Dr. Noudy Tendean dan Pengurus FKUB dan BKSAUA dan Kanwil Kemenag Sulut.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s