Djouhari Kansil Jadi Keynote Speaker di Temu Usaha GMIM

http://www.fokusmanado.com/search/label/Pemprov
FOKUSMANADO.COM / Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd

PEMPROV, FOKUSMANADO.COM – Pelaksanaan Temu Konsultasi Usaha GMIM dengan Perbankan dan Pemprov yang berlangsung di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Rrovinsi Sulut, Kamis (07/02/13) lalu menampilkan Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd sebagai pembicara utama (Keynote Speaker).

Judul materi yang diangkat Wagub saat itu tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Sulut Dalam Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.
Kansil mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan, kepentingan dan tuntutan masyarakat sebagai konsumen akan jaqsa publik, maka Pemprovsangat menyadari akan peran dan tanggungjawab yang melekat,sehingga dalam implementasi penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan senantiasa terus berupaya menciptakan kreasi-kreasi solutif disetiap ilar penggerak pembangunan, utamanya disektor ekonomi. Dalam upaya pengembangan sektor ekonomi, pemprov telah mendeteksi potensi dan kekuatan yang ada,karena sulut secara geografis berada pada Border Zone atau jalur perdagangan dunia (philipina, malaysia,cina, taiwan, jepang dan Amerika Serikat).

Kansil menyebutkan, Sulut menyimpan beragam potensi sumber daya alam yaitu, pertanian dan perkebunan yang telah dijabarkan lewat program revitalisasi guna mengembalikan kejayaan sulut sebagai “Spices Islands” sekaligus mempertahankan sulut sebagai daerah nyiur melambai yang antara lain melalui pengembangan padi. jagung, buah-buahan, kelapa, cengkih, pala, kopi, vanila, dan aren yang banyak tersebar di kab/ko se-sulut. Disamping potensi perikanan dan kelautan, seperti budidaya rumput laut, ikan air tawar/tepi laut, pengembangan potensi kebaharian, dan pengembangan potensi wilayah pesisir serta kepulauan dengan komoditi utama ikan tuna, cakalang, tongkol, gurame, teripang, ikan nila, ikan kerapu dan ikan hias.

Sedangkan untuk potensi pariwisata, mantan Kadis Diknas Sulut ii mengatakan, telah dilakukan melalui pemantapan sulut sebagai salah satu dari lima provinsi destinasi unggulan pariwisata di Indonesia dan satu dari sepuluh provinsi penyelenggaraan Meeting, Incentive, Converence and Exebition (MICE), melalui pengembangan wisata bahari, alam wisata budaya dan religius.

Karena itu Dr.dari Unmer Malang inimengharapkan, agar warga GMIM dapat memanfaatkan berbagai potensi ini, jika dikelola dengan baik, akan memberi dampag positif bagi pengembangan ekonomi keluarga dan jemaat, harpnya.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s