S H Sarundajang Welcome Dinner Bersama Menteri Penerangan Malaysia

0 0 1 442 2520 enal2700@yahoo.co.id 21 5 2957 14.0 96 800x600 Normal 0 false false false EN-US JA X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table...
FOKUSMANADO.COM / Gubernur Sulut S H Sarundajang saat menunjukkan Buku

PEMPROV, FOKUSMANADO.COMGubernur Sulut DR. S.H. Sarundajang menghadiri acara welcome dinner bersama Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Dato’ Seri Utama DR. Rais Yatim yang diselenggarakan oleh Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia Indonesia (ISWAMI) di Hotel Peninsula Manado, Kamis (07/02/13) lalu. Rangkaian kegiatan dari Hari Pers Nasional Tahun 2013 di Sulut tersebut dimaksudkan untuk mempererat hubungan kerja sama pers antara kedua Negara.

Jamuan makan malam itu dihadiri Ketua PWi Pusat Margiono, Ketua Dewan Pers Indonesia Bagir Manan, Ketua Dewan Kehormatan ISWAMI Tarman Azzam, Ketua ISWAMI Saiful Hadi, Anggota Dewan Kehormatan PWI Sabam Siagian, Sekprov Sulut S.R. Mokodongan, Asisten I Pemprov Sulut M.M. Onibala, Asisten II R.O Roring, Asisten III E. Silangen, Pejabat Eselon II Pemprov Sulut, Pengurus Pusat dan Daerah PWI, serta para pengurus ISWAMI dari Malaysia.

Dalam sambutannya Sarundajang mengungkapkan penghormatan kepada delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Dato’ Rais Yatim yang khusus hadir bersama Istri untuk mengikuti HPN 2013 di Sulut. “Saya sangat bersyukur atas kehadiran Dato’ bersama Istri, dan menyambut dengan rasa bangga atas kehadiran delegasi Malaysia di daerah nyiur melambai Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado”.

Selanjutnya Sarundajang mengatakan bahwa kerja sama dengan Pemerintah Malaysia memang sudah sejak lama terjalin melaui investor yang menanamkan modal di Sulawesi Utara, juga melalui iven Internasional yang diselenggarakan di Sulut beberapa waktu yang lalu yakni Coral Triangle Initiative Summit 2009, dimana enam negara di segitiga terumbu karang terbesar di dunia yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua New Guinea, Solomon Islands, dan Timor Leste sepakat untuk menjaga kelestarian terumbu karang.  “Ternyata dengan menjaga kelestarian terumbu karang ini, kita dapat mengurangi global warming, yang telah menjadi masalah lingkungan dunia”, tambahnya.

Momen strategis ini juga dimanfaatkan Sarundajang untuk menyampaikan keinginannya melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Malaysia guna memperjuangkan pembukaan kembali akses penerbangan langsung menggunakan jasa perusahaan penerbangan Air Asia yang beberapa waktu lalu sempat dibuka melayani rute Kuala Lumpur – Manado.

Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Dato’ Rais Yatim menyambut baik rencana Bapak Gubernur dan secara khusus mengundang Sarundajang untuk melaksanakan pertemuan di Malaysia guna membicarakan hubungan kerja sama yang bisa dilaksanakan.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan buku hasil tulisan Gubernur Sulut ‘Geostrategi” untuk Dato’ Rais Yatim yang dibalas dengan sejumlah buku tentang Negara Malaysia dari Dato’ untuk diletakkan di perpustakaan milik Gubernur Sulut sambil berharap kiranya mendapat tempat khusus ‘sudut Malaysia’ diantara koleksi buku Sarundajang.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s