Wali Kota Manado Serahkan DP4 ke KPU

FOKUSMANADO.COM / Wali Kota Manado
Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA
saat melakukan penandatanganan 

MANADO, FOKUSMANADO.COM – Wali Kota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Kamis (07/02/13) lalu menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada KPU kota Manado. DP4 menjadi acuan bagi KPU untuk menetapkan jumlah pemilih pada Daerah Pemilihan (Dapil) di wilayah kota Manado.

DP4 diserahkan serentak pada 7 Februari 2013 di seluruh Indonsia. Wali Kota dalam sambutan Mendagri yang dibacakan mengatakan, penyerahan DP4 merupakan bagian tahapan yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemilu 2014.
“DP4 merupakan bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan dan pengumuman DPS sampai menjadi DPT,”ujarnya.

Lanjutnya, pemerintah dan pemerintah daerah telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk menyiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat, sebagai perwujudan akuntabilitas dan aktualisasi dari kewajiban pemerintah dan pemerintah daerah untuk berperan dalam meperbaiki kualitas penyelenggaraan pemilu dari waktu ke waktu secara konsisten.

“DP4 yang diserahkan ini merupakan pemilahan dari database kependudukan secara keseluruhan yang akurasinya sudah ditingkatkan secara maksimal,”tutur Wali Kota memimpin 97 Walikota se-Indonesia dalam kapasitasnya sebagai ketua APEKSI itu.

Sisampaikannya, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil telah melakukan pembersihan data ganda sebanyak 4 kali dengan memanfaatkan SIAK dan hasil perekaman e-KTP.

“Apabila pihak KPU memerlukan bantuan dan fasilitasi dari pihak pemerintah dan pemerintah daerah, KPU harus mengajukan permintaan tertulis kepada pemerintah yang intinya berisi. waktu, jenis bantuan dan fasilitasi yang dibutuhkan, sehingga bantuan dan fasilitasi yang diberikan tidak dianggap sebagai tindakan intervensi dari pihak pemerintah dan pemerintah daerah kepada KPU,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU kota Manado, Ir. Conny Palar, M.Si dalam sambutan mengatakan, DP4 bukan DPT, tapi data yang masih dimuktahirkan.

“Terima kasih kepada Bapak Walikota yang tak pernah menghambat KPU. KPU tak dapat memutakhirkan data tanpa DP4,”pungkasnya.(nikson)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s