Medali Emas Dikantongi B.J Habibie

http://www.fokusmanado.com/search/label/Manado
FOKUSMANADO.COM / B.J Habibie saat menerima
penghargaan Medali Emas Kemerdekaan Pers 

MANADO, FOKUSMANADO.COMSalah satu tokoh kemerdekaan pers Indonesia yang juga mantan Presiden R.I, B.J Habibie menerima penghargaan Medali Emas Kemerdekaan Pers bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2013 di Grand Kawanua International City Manado. Penganugerahan medali emas dilakukan Ketua Dewan Pers Bagir Manan didampingi Gubernur Sulut S.H Sarundajang dan Ketua PWI Pusat Margiono.

Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara sangat berbangga dan berbahagia atas kehadiran Pak Habibie di Manado, sambil mengungkapkan kekagumannya pada tokoh Nasional yang memperjuangkan kebebasan pers di Indonesia. Gubernur juga mengharapkan agar HPN 2013 ini berjalan sukses agar terbukti bahwa Sulut mampu menjadi daerah tujuan MICE di Indonesia. “Saya berharap semua pelaksanaan kegiatan dalam rangka HPN 2013, berjalan dengan baik dan sukses,” katanya.

Terkait dengan penganugerahan medali emas kemerdekaan pers, Ketua PWI Pusat Margiono mengatakan bahwa ini adalah sebuah penghargaan tertinggi dari masyarakat pers kepada perorangan atau lembaga yang dinilai memiliki jasa yang sangat besar bagi kepentingan pers.

Prof DR BJ Habibie, ketika menjabat Presdien RI ketiga, meletakkan dasar yang sangat kuat dan membuka kran kemerdekaan pers di Indonesia,” kata Margiono.

Pada kesempatan ini B.J Habibe membawakan orasi yang menekankan terhadap kemerdekaan pers sebagai salah satu pilar demokrasi perlu ditumbuhkan sehingga memungkinkan pers dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Kemerdekaan pers adalah bagian dari upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menjadi salah satu tujuan pembentukan negara Indonesia. Kita membutuhkan pers yang merdeka, bebas, bertanggungjawab, berbudaya dan bermoral,” lanjut Habibie.

Beliau juga mengungkapkan rasa terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh insan pers Indonesia yang telah memberikan penganugerahan medali emas kemerdekaan pers.

“Suatu kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan tersebut pada perayaan HPN tahun 2013,” kata Habibie.

Seperti diketahui bahwa bagi kalangan pers Indonesia, Habibie dinilai telah berjasa dalam memperkuat kemerdekaan pers yang ditandai dengan lahirnya Undang-Undang Pers tahun 1999 seiring dengan terjadinya pergantian kekuasaan dari Orde Baru ke Orde Reformasi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Ensiklopedia pers Indonesia serta 27 buku karangan wartawan Indonesia kepada B.J Habibie.(Alex)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s